Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter peserta didik.
Mengukur kompetensi mendasar literasi membaca dan numerasi
Memantau perkembangan mutu pendidikan secara berkala.
Memberikan arah perkembangan sekolah sesuai dengan Visi-Misi.
Menghasilkan data dan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sekolah.
Mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar.
Asesmen adalah bagian penting dari sistem pendidikan saat ini. Assessment berfungsi sebagai sistem evaluasi individu, dan sebagai cara untuk membandingkan kinerja antar individu. Tujuan assessment adalah untuk mengumpulkan informasi yang relevan tentang kinerja atau kemajuan peserta didik (pesdik), atau menentukan minat pesdik untuk membuat penilaian tentang proses pembelajaran mereka.
Assessment dapat memperkuat keefektifan dari sistem pengajaran dan pembelajaran. Cara ini juga mendorong pemahaman mengajar sebagai proses formatif yang berkembang seiring waktu dengan umpan balik dan masukan dari pesdik. Dengan assessment yang baik, dapat menciptakan lingkungan kelas yang baik pula.
Sekilas pertanyaan yang sering diajukan dan Jawaban singkat mengenai hal tersebut.